Komunitas Arek Nonton

by abn 869 views


Komunitas Arek Nonton

Saat ini, semakin banyak komunitas penikmat film yang berkembang di Indonesia. Entah itu komunitas yang khusus menggemari franchise film tertentu, atau penikmat film secara keseluruhan. Lokasinya pun tersebar di mana-mana. Kali ini Layar Tancep ingin mengajak para Jelata mengenal lebih jauh teman-teman kita yang ada di Jawa Timur sana.

Adalah Arek Nonton, sebuah komunitas yang menjadi tempat berkumpulnya pecinta film di Jawa Timur. Kenapa namanya Arek? Menurut Satori Setiawan, VP sekaligus admin grup Arek Nonton, kata "Arek" mencerminkan daerah Jawa Timur yang berarti anak. Sedangkan "Nonton" langsung mendeskripsikan tentang komunitas mereka, yaitu komunitas pecinta film. Jadi "Arek Nonton" adalah Tempat ngumpulnya arek-arek Jawa Timur pecinta film.

Komunitas ini terbentuk pada 10 April 2012. Pemrakarsa grup ini, Rusdy Harrawa dan Satori Setiawan, merasa belum ada wadah yang bisa menampung hasrat para Arek di Jawa Timur terhadap dunia film. Sebelum terbentuknya Arek Nonton, para Arek Nonton lebih banyak berdiskusi di grup/komunitas yang berbasis di Jakarta. Akhirnya dibentuklah Arek Nonton, yang memiliki misi mulia: Ingin menjadi wadah berbagi segala hal tentang film dan tempat berkumpulnya bagi penikmat film Jawa Timur dan sekitarnya, dan sebagai ajang silaturahmi teman-teman pecinta film di seluruh dunia khususnya Jawa Timur dan sekitarnya. Mulia sekali bukan?

Arek Nonton saat ini memiliki anggota sebanyak 121 orang dan terus bertambah. Dan anggotanya tidak hanya dari Surabaya dan sekitarnya. Terdapat anggota yang berasal dari Bandung, Semarang, dan Timika. Bahkan pada saat acara nobar Skyfall November lalu, dua orang bule asal Spanyol ikut bergabung dengan para Arek Nonton. Beberapa event pun telah mereka laksanakan. Yang paling sering tentunya nobar film-film box office. Di tahun 2012, Arek Nonton telah beberapa kali melakukan acara nonton bareng. Diantara judul-judul yang dijadikan event nobar adalah The Avengers, The Amazing Spider-Man, The Dark Knight Rises, dan Skyfall. Setelah nobar, para Arek memiliki satu agenda wajib, yaitu bagi-bagi merchandise film. Selain acara nobar, para Arek Nonton juga sering sekedar berkumpul untuk karaokean atau makan bersama, dan terkadang ada teman-teman yang melakukan barter film atau menitip "dibelikan" film ke situs Amazon. Dan salah satu hal yang paling spesial bagi Arek Nonton adalah, sekitar bulan September 2012 lalu, komunitas Arek Nonton mendapatkan kesempatan untuk mejeng di salah satu stasiun TV lokal di Jawa Timur yang mengulas film. Waaaa, mejeng di tipi!

Nah, bagi kalian yang berdomisili di Jawa Timur, khususnya Surabaya, ayo gabung dengan komunitas Arek Nonton. Jika kalian melihat kerumunan manusia-manusia keren nan nyentrik di bioskop-bioskop di Surabaya, dan membawa banner seperti foto di atas, merekalah para Arek Nonton. Oh iya, jangan lupa follow twitter mereka ya, @areknonton.

Artikel Terkait