"Lincoln" Ditayangkan di Program Surprise Screening NYFF

by abn 663 views


Seperti tahun-tahun sebelumnya, New York Film Festival kembali menghadirkan program Surprise Screening. Jika tahun lalu "Hugo" merupakan film yang ditayangkan pada program tersebut, tahun ini NYFF menghadirkan film terbaru arahan Steven Spielberg, "Lincoln". Ulasan singkat yang diberikan oleh penonton yang kebanyakan kritikus pun mulai bermunculan di dunia maya, mayoritas melalui jejaring sosial twitter, dan ulasannya pun beragam. Kebanyakan kritikus memuji penampilan para castnya terutama Daniel Day-Lewis, Sally Field, dan Tommy Lee Jones; dan menyatakan "Lincoln" merupakan film terbaik Spielberg dalam beberapa tahun ini. Namun, "Lincoln" tidak lolos tanpa cacat. Beberapa kritikus menilai film ini membosankan, terlalu mudah ditebak, dan generik. Penampilan castnya yang luar biasa, kata mereka, tampaknya tidak mampu membawa "Lincoln" dari jurang kebosanan.

"Lincoln" yang ditayangkan di NYFF dikatakan sebagai versi yang 'belum selesai' di ruang editing. Hal serupa juga dilakukan Martin Scorsese untuk "Hugo" tahun lalu, yang ditayangkan dengan kondisi belum 100% selesai, di mana beberapa scene masih tampak menggunakan layar hijau. Dan sama seperti "Lincoln", ulasan yang keluar setelah Surprise Screening untuk "Hugo" pun beragam. Namun seperti kita ketahui, "Hugo" pada akhirnya memenangkan 5 Oscar dan mendapatkan 6 nominasi lainnya, termasuk Best Director dan Best Picture.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu hal yang paling menonjol dari "Lincoln" adalah akting para castnya. Daniel Day Lewis tampil luar biasa (as usual), namun yang mencuri spotlight di "Lincoln" adalah Tommy Lee Jones. Para kritikus pun setuju, Jones adalah magnet penghargaan untuk tahun ini.

"Lincoln" akan dirilis terbatas di Amerika Serikat mulai 9 November, dan dirilis luas mulai 16 November. (abn)

Artikel Terkait