FORD V FERRARI: Pertarungan Dua Raksasa Otomotif Di Ajang Balap 24 Jam

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 58 views

FORD V FERRARI: Pertarungan Dua Raksasa Otomotif Di Ajang Balap 24 Jam
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Ajang pembuktian mesin siapa yang lebih unggul selama 24 jam

ama Ferrari sudah terkenal di ajang balap sebagai salah satu mobil tercepat. Namun, tahukah Anda bahwa Ferrari pernah dikalahkan Ford dalam pertandingan balapan 24 jam di Le Mans, Perancis? Mungkin jika hal itu terjadi di masa sekarang ini, sudah bukan keajaiban lagi karena majunya teknologi sehingga banyak produsen lain yang kecepatan mobilnya hampir menyamai Ferrari, bahkan lebih. Namun, pada tahun ’66, Ford yang lebih terkenal dengan mobil keluarga, malah berhasil mengalahkan Ferrari dalam ajang 24 Hours Le Mans dengan segala keterbatasan yang ada dan hanya bermodalkan nekad saja. Kisah inilah yang dituangkan James Mangold dalam sebuah film biopik Ford v Ferrari.

Dua ujung tombak film ini adalah Matt Damon sebagai Carroll Shelby dan Christian Bale sebagai Ken Miles. Chemistry mereka sebagai dua orang sahabat yang saling mendukung satu sama lain untuk menang di 24 Hours Le Mans begitu asyik untuk diikuti. Kemampuang akting keduanya memang sudah tidak diragukan lagi. Bale seperti biasa tampil apik sebagai Ken Miles dengan cara bicara yang sangat British dan bad temper dipadu dengan Damon yang lebih berkepala dingin dan yakin bahwa semua masalah ada jalan keluarnya bila dibicarakan baik-baik.


Meski berdurasi cukup panjang, namun penonton tidak akan bosan. Mangold dan Jez Butterworth (penulis naskah) dengan lihai menghadirkan usaha jatuh-bangun Ford dalam menaklukkan Ferrari di ajang Le Mans. Mulai dari mencari mobil yang cepat, pembalap yang tepat, hingga akhirnya berujung pada balapan 24 jam. Ford tidak digambarkan langsung menang balapan, Ken Miles juga tidak diplot langsung duduk di balik kemudi. Ada jalan berliku untuk ke sana. Dan, semua itu dituangkan secara menarik selama 152 menit.

Adegan balapannya pun cukup memukau dan terlihat nyata. Dijamin kita akan terduduk, sesekali gemas sendiri, bahkan mungkin berteriak memberi semangat layaknya saat menonton balapan F1. Jika Anda penyuka balapan mobil-mobil dan tertarik dengan drama ala-ala David vs Goliath, maka Ford v Ferrari akan memberi kepuasan dengan akting terbaik dan adegan balap yang memikat.