Bad Boys For Life: Nostalgia Buddy-Cop Movie

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 75 views

Bad Boys For Life: Nostalgia Buddy-Cop Movie
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Duo polisi bermulut besar kembali lagi.

Istilah buddy cop movie pernah terkenal dengan bermunculannya film-film mengenai dua polisi berbeda sifat yang jatuh-bangun dalam menghancurkan para penjahat. Sebut saja Lethal Weapon, Rush Hour, atau Bad Boys. Kisahnya tidak perlu rumit dan mind blowing, tapi cukup membuat tegang. Tambahkan ledakan di sana-sini, kejar-kejaran mobil atau motor yang seru, dan celetukan-celetukan kocak dari salah satu karakternya, maka jadilah buddy cop movie. Formula inilah yang kembali dimunculkan dalam Bad Boys for Life yang merupakan sekuel dari Bad Boys (1995) dan Bad Boys II (2003).

Will Smith dan Martin Lawrence kembali lagi sebagai duet polisi Mike Lowrey dan Marcus Burnett. Meski terpaut 17 tahun dari film kedua, tapi layaknya Tom Cruise, penampilan Smith masih nampak prima. Raut mukanya memang tampak menua, tapi untuk adegan berkelahi, gerakannya masih meyakinkan. Berbeda tentu dengan Lawrence yang sudah seperti bapak-bapak rumahan sehingga karakter yang mereka mainkan tampak meyakinkan. Namun, perbedaan bak langit dan bumi inilah yang menjadi faktor kelucuan dalam Bad Boys For Life.  Tambahan lagi celetukan dari Lawrence yang tidak kenal tempat dan waktu akan membuat kita terbahak-bahak tanpa henti.

Dikarenakan pembuatannya yang berjarak 17 tahun, tentu wajar jika muncul wajah-wajah baru yang dimanfaatkan untuk menggaet generasi sekarang. Mereka adalah Vanessa Hudgens, Alexander Ludwig (The Hunger Games), dan Charles Melton (serial TV Riverdale) sebagai anggota pasukan khusus AMMO. Kehadiran mereka pun cukup memberi angin segar meski tentu saja fokus tetap pada duo Lowrey-Burnett.


Meski kursi penyutradaraan beralih ke tangan Adil El Arbi dan Bilall Fallah, namun gaya penyutradaraan Michael Bay sebagai sutradara dua film sebelumnya tetap terasa. Ledakan dan slow motion mewarnai beberapa adegan, namun dengan tambahan adegan kekerasan yang lebih eksplisit.

Bad Boys for Life berhasil menghadirkan kembali nostalgia kita dengan film-film buddy cop.  Generasi sekarang pun juga berkesempatan menyaksikan film yang penuh aksi dan minim CGI dengan slow motion dan ledakan ala Michael Bay. Sebuah film awal tahun yang sangat menghibur.