Enter The Fat Dragon: Saat Donnie Yen Menjadi Gemuk

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 44 views

Enter The Fat Dragon: Saat Donnie Yen Menjadi Gemuk
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Meski gemuk, tapi tetap lincah

Setelah menutup tahun 2019 dengan Ip Man 4: The Finale yang merupakan akhir kisah sosok Ip Man, kini Donnie Yen membuka tahun 2020 dengan sebuah film aksi drama komedi berjudul Enter The Fat Dragon. Sebelumnya, pada tahun 1978, pernah ada film berjudul sama yang diperankan Sammo Hung.

Kisahnya sendiri berfokus pada seorang polisi bernama Fallon Zhu (Donnie Yen) yang karena kelalaiannya dalam mengejar perampok bank membuat kekacauan di mana-mana. Untuk menebus kesalahannya, Fallon ditugaskan membawa seorang penjahat kembali ke Jepang. Tanpa ia duga, penjahat yang disangkanya kacangan tersebut ternyata menyimpan informasi mengenai kegiatan yakuza yang berbahaya. Fallon pun harus terlibat dalam intrik dan usaha kejar-kejaran untuk menyelamatkan nyawanya.

Berbeda dengan film-film Yen sebelumnya yang menampilkan ia bertubuh prima, dalam Enter The Fat Dragon, Yen tampil gemuk. Namun, hal itu tidak menghalangi kelincahannya dalam menghajar penjahat. Untuk adegan bertarung, memang kemampuan Yen tidak perlu diragukan lagi. Meski memakai body suit agar tubuhnya terlihat tiga kali lipat lebih besar, tapi ia tidak tampak kesulitan.


Tidak hanya perubahan dari segi fisik, tone cerita juga dibuat cukup ringan dengan lelucon di sana-sini meski ceritanya sendiri berfokus pada tindak kriminal yakuza. Selain ekspresi dan dialog, musik yang mengiringi juga sesekali dibuat lucu.

Meski memiliki adegan bertarung yang cukup menarik dan beberapa lelucon sanggup mengundang tawa, namun naskah Enter The Fat Dragon terasa campur aduk. Elemen drama, kisah cinta, hingga aksi terasa tumpang-tindih. Usaha untuk membuat lelucon di beberapa adegan yang cukup menegangkan juga cukup menganggu karena penonton jadi kebingungan apakah harus tegang atau malah tertawa. Menampilkan drama cinta di tengah-tengah aksi pengejaran yakuza juga terasa tidak pada tempatnya.

Secara keseluruhan, menyaksikan aksi Donnie Yen bertubuh tambun memang sangat menghibur. Tidak perlu mengharapkan kisah yang serius. Duduk dan nikmati saja. Selamat Tahun Baru Imlek 2020!


Artikel Terkait