The Battle: Roar to Victory - Titik Awal Perjuangan Kemerdekaan Korea

by Prima Taufik 272 views

The Battle: Roar to Victory - Titik Awal Perjuangan Kemerdekaan Korea
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Bagi yang tidak paham akan terasa kepanjangan

Korea Selatan memang sudah sangat maju dalam perfilman di Asia. Kemenangan Parasite di Oscar 2020 menjadi bukti sahih. Indonesia sepertinya butuh waktu yang sangat lama untuk menyusul. Untuk genre perang, Korea Selatan sudah menghasilkan beberapa film yang mumpuni, seperti The Admiral: Roaring Currents (2014) dan Battleship Island (2017). Kali ini, ada film perang yang tidak kalah keren berjudul The Battle: Roar to Victory. Pertama kali rilis di Korea pada bulan Agustus 2019, film yang disutradarai Wong Shin-yun ini mengambil latar belakang pada saat Korea Selatan berada di bawah penjajahan Jepang.

Bagi penonton yang mungkin tidak begitu paham dengan sejarah yang diangkat film ini akan terasa jika filmnya sedikit kepanjangan. Namun, bagi yang paham, film ini menceritakan dengan detil peristiwa tersebut. Peristiwa yang dimaksud adalah saat pasukan kemerdekaan Korea berhasil menjebak tentara Jepang di ngarai daerah Bongo-Dong dan menjadi awal titik balik kemerdekaan di Korea karena peristiwa ini membangkitkan semangat perjuangan para rakyat jelata. 

Film ini unggul dari segi teknis. Semua latar tampak seolah berada di hutan betulan. Tentu, beberapa lokasi merupakan buatan dan CGI,  tapi secara keseluruhan kita bisa merasakan bagaimana pasukan yang bergerilya di hutan-hutan bergerak untuk menyelesaikan misi mereka. Adegan ledakan pun menggunakan bahan peledak asli membuat ketegangannya semakin terasa. Pergerakan kameranya juga asyik dan dinamis. Banyak mengambil gambar-gambar lebar untuk menunjukkan bagaimana posisi para pejuang dibandingkan wilayah sekitar mereka.


Perbedaan besar antara drama Korea dan perfilman mereka adalah realistisnya. Kita akan jarang sekali menemukan pemain film Korea yang punya tampang cakep. Ada memang, tapi jumlahnya kalah jauh dari pemain drama televisi, begitu juga dengan di film ini. Semua pemainnya tidak ada yang menonjol dari segi fisik, tapi kemampuan akting mereka luar biasa. Bahkan, untuk sekedar pemeran pembantu pun mereka berakting dengan maksimal dan ini membantu hasil keseluruhan. Mungkin di Indonesia, nama-nama pemain di film ini kurang dikenal, tapi yakinlah akting mereka bisa diadu.

Ceritanya sendiri sebenarnya mudah dicerna. Kita hanya diminta mengikuti perjalanan Hwang Hae-cheol dan Lee Jang-ha untuk menyelesaikan misi mereka. Namun, intrik-intrik yang terjadi selama perjalananlah yang membuat film ini menarik. Ada adegan sadis dan brutal, ada juga adegan yang lucu dan hangat. Penggemar film perang pasti tidak mau melewatkan film yang satu ini.

Tonton film The Battle: Roar to Victory di Klik Film.