The Beatles: Eight Days A Week - The Touring Years

by Prima Taufik 303 views

The Beatles: Eight Days A Week - The Touring Years
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Masa-masa keemasan band nomor satu di dunia

Dari anak muda biasa yang suka ngeband dari café ke cafe di Liverpool, The Beatles menjelma menjadi band nomor satu di dunia hanya dalam waktu tiga tahun. Mereka menjadi ikon dan trend setter bagi anak muda di seluruh dunia pada tahun 1960-an. Lagu mereka merajai semua tangga lagu yang ada di dunia selama berbulan-bulan. Sesuatu yang langka bisa terjadi di waktu itu, apalagi saat itu tidak ada media sosial seperti sekarang. Mereka terkenal berkat omongan dari mulut ke mulut.

Dalam film dokumenter ini, kita dibawa melihat apa sebenarnya yang membuat The Beatles disukai di dunia. Apa yang membuat mereka besar dan bagaimana anak-anak muda yang saat itu masih usia 19 tahun menghadapi ketenaran yang merenggut masa muda mereka? Semua bisa dinikmati oleh para penggemar The Beatles di film yang disutradarai Ron Howard ini.

John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr mungkin tidak menyangka band mereka akan menjadi sangat terkenal. Mereka membuat band hanya untuk menyalurkan hasrat bermusik mereka dan bersenang-senang. Tetapi, gaya mereka yang santai dan energik di masa itu ternyata berbeda dari band-band lain dan disukai anak muda. Saat Brian Epstein memutuskan menjadi manajer mereka, ia mulai menata jalan The Beatles menjadi ikon dunia.


Tiket tur mereka di setiap kota selalu habis terjual. Ribuan orang antri hingga 12 jam dan membentuk jalur manusia sepanjang satu kilometer lebih di Liverpool. Setiap wanita yang menonton mereka histeris. Padahal, jika dilihat, mereka tidak mencolok layaknya anak band masa kini, tapi murni karena lagu-lagu mereka memang easy listening dan menyentuh kehidupan anak muda.

Film ini menggambarkan betapa Beatles sendiri tidak percaya akan ketenaran mereka saat diminta untuk tur ke Amerika. Namun, lagu mereka memuncaki semua tangga lagu radio di Amerika. Di sanalah, mereka yakin jika mereka bisa diterima dunia. Tur mereka sukses besar dan ribuan orang rela antri di Amerika. Padahal saat itu di Amerika sedang ada tragedi, yaitu pembunuhan John F. Kennedy.

Seperti biasa ketenaran selalu punya harga yang harus dibayar. Mereka kehilangan masa muda, jenuh dengan rutinitas, serta tuntutan media yang semakin mengambil waktu pribadi mereka. Ucapan-ucapan mereka mulai dipelintir media, apa pun yang mereka lakukan jadi berita utama. Mereka pun memutuskan istirahat dari dunia musik. Saat kembali, album mereka Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band memuncaki kembali tangga lagu dunia. Album ini mengubah The Beatles menjadi lebih dewasa dalam bermusik hingga mereka bubar.

Tonton film The Beatles: Eight Days a Week - Touring Years di Klik Film.