Start Up: Usaha Pembuktian Di Masa Remaja

by Prima Taufik 201 views

Start Up: Usaha Pembuktian Di Masa Remaja
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Pembuktian diri di masa remaja memangpenuh perjuangan

Sudah banyak film bertemakan remaja yang hadir di layar lebar. Karena masa ini adalah peralihan dari anak-anak ke dewasa, berbagai pergolakan jiwa dialami di fase ini. Paling sering adalah pembuktian diri jika mereka sudah tidak pantas dianggap anak-anak lagi. Ingin diakui sebagai orang dewasa, tetapi tidak tahu caranya. Bagi remaja yang tidak beruntung, mereka tidak punya panutan yang dijadikan acuan. Hasilnya, mereka hanya mengikuti kata hati dan pergaulan, yang penting diakui. Start Up, sebuah film keluarga asal Korea Selatan ini menyoroti bagaimana remaja-remaja ini yang merasa bosan akan kesehariannya berjuang untuk diakui oleh lingkungan.

Taek Il (Park Jung-min) remaja berusia 18 tahun hidup berdua dengan ibunya. Ia putus sekolah dan sering bertengkar dengan sang ibu. Bersama sahabatnya, Sang Pil (Jung Hae-in), mereka berdua bermimpi untuk hidup mandiri. Sayang, keduanya memilih jalan yang berbeda. Bosan selalu bertengkar dengan ibunya, Taek-Il memutuskan kabur dari rumah menuju tempat yang ia sendiri tidak tahu di mana. Sedangkan, Sang-Pil memutuskan ikut bekerja dengan pamannya sebagai penagih utang. Di sinilah mereka mengalami konflik yang mengubah diri mereka dan mencari apa yang sebenarnya mereka butuhkan dalam hidup ini.

Sebenarnya, plot film ini tergolong standar. Para penonton juga pasti sudah bisa menebak ke arah mana cerita berjalan dan akhirnya akan seperti apa. Namun, seperti film Korea pada umumnya, mereka dengan lihai mengolah konflik biasa menjadi menarik dengan berbagai intrik tidak terduga serta karakter pendukung yang unik. Mereka juga bisa menyisipkan adegan komedi dan melankolis dengan pas. Walau tidak ada twist yang memukau seperti film Korea kebanyakan, tetapi film ini enak untuk diikuti dari awal hingga akhir.

 

Untuk akting pemain, entah disengaja atau tidak kebanyakan pemain berakting sedikit berlebihan di film ini, terutama karakter utama Taek Il. Walau diceritakan sebagai remaja yang rebel, tetapi entah kenapa ia terlalu berlebihan di beberapa situasi. Seolah-olah ingin menunjukkan ia ingin melawan dunia, tapi malah jatuhnya seperti aksi teatrikal. Satu lagi adalah karakter Geo-Seok (Ma Dong-seok) yang dari awal diperlihatkan sudah aneh, tetapi diakhir diberi sedikit twist yang ternyata tidak ada hubungannya dengan karakter di awal. Ma Dong-seok yang merupakan aktor kelas wahid terlihat hanya bermain-main di film ini.

Banyak konflik yang dari awal tidak ada, namun menjelang akhir tiba-tiba memuncak dan menjadi titik balik film. Agak disayangkan memang karena beberapa hal yang dibangun dari awal seperti tidak mendapat jawaban hingga akhir film. Meski tidak spesial, Start Up tetaplah tontonan ringan yang mengasyikkan di masa santai di rumah ini.