Blood Quantum: Rancu Antara Mau Drama Atau Aksi

by Prima Taufik 214 views

Blood Quantum: Rancu Antara Mau Drama Atau Aksi
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Hanya sekadar film zombi lainnya

Sudah banyak film yang mengambil tema zombi. Beberapa dibuat dengan eksekusi yang baik sehingga hasilnya sempurna, namun banyak juga yang hanya mengambil elemen kekerasannya saja tanpa memusingkan jalan cerita. Blood Quantum mencoba mengambil sisi lain zombi dengan berfokus pada kelompok kecil orang di tanah suaka Indian Red Crow. Tidak dijelaskan asal-usul datangnya virus zombi ini karena film lompat ke enam bulan setelah outbreak pertama. Seluruh orang diceritakan terkena virus ini kecuali penduduk Indian asli dan mereka menampung manusia yang masih sehat di tanah mereka.

Film ini menyorot sebuah keluarga Indian modern yang disfungsional. Suami-istri yang bercerai serta anak mereka yang berandalan dan berbuat sesuka hati. Wabah zombi ini memperlihatkan bagaimana karakter mereka sebenarnya. Namun, entah karakternya yang kurang dalam atau aktornya yang tidak baik dalam berakting, drama keluarga ini terlihat seperti hanya ingin dramatis saja. Tidak terlihat adanya koneksi emosional antarpemeran yang akan membuat penonton simpati atau dekat dengan karakter tertentu. Belum lagi adanya zombi yang menyerang membuat ceritanya tidak fokus mau ke mana.


Tidak ada hal baru atau sesuatu yang membuat film ini unik. Keseluruhan film sama seperti drama satu episode seri The Walking Dead, bahkan mungkin lebih menarik seri dibanding film ini. Banyak karakter yang tidak dijelaskan siapa dan tujuannya apa. Semua dikumpulkan di suatu kamp sebagai penyintas dari wabah zombi ini. Hampir semua karakter di film ini sangat stereotip. Ada yang kerjanya hanya marah-marah, ada yang sok logis, ada yang kalem, ada yang khusus untuk bikin rusuh. Semuanya hanya satu dimensi.

Keunikan dari karakter Indian yang kebal akan virus ini juga tidak digali lebih dalam. Padahal, latar belakang inilah yang membuat unik film ini, alih-alih mereka malah terjebak pada cara bertahan dari serangan zombi. Keunikan yang dibangun di awal menguap dengan sia-sia. Film-film seperti ini sebenarnya punya pasarnya sendiri, namun di tengah banyaknya tema serupa, jika tidak ada keunikan yang ditawarkan maka hanya akan jadi tontonan sekali terus dilupakan.

Tapi, jika memang penasaran dan penyuka film-film horor-zombi, kalian bisa tonton film ini di Klik Film