Jacob's Ladder: Kisah Pilu Mantan Veteran Perang

by Prima Taufik 174 views

Jacob's Ladder: Kisah Pilu Mantan Veteran Perang
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Ketika halusinasi jadi terlalu nyata

Jacob Singer (Michael Ealy) seorang mantan tentara pulang dari perang dan harus mengalami sindrom traumatis. Bertahun-tahun setelah kembali dari perang, ia mulai menjalani kehidupan normal. Namun, kilas-balik perang tersebut makin lama makin mengganggu hidupnya. Suatu hari, ia mendapat berita jika adiknya yang dianggap tewas di medan perang ternyata masih hidup. Ia berhasil menemukan adiknya dan membawanya pulang. Tetapi, keaadan malah semakin rumit saat realita kehidupannya dan adiknya perlahan-lahan mulai berbaur.

Film ini sebenarmya memiliki cerita yang jika dieksekusi dengan baik, hasilnya akan sangat bagus. Namun, terbatasnya bujet atau kemampuan film making yang kurang mumpuni membuat film ini terasa tumpang-tindih dan membosankan secara penceritaan. Padahal, ceritanya cukup rumit karena banyak adegan halusinasi dan twist di akhir cerita. Penonton tidak cukup diberi alasan untuk tetap menonton adegan di layar. Kebosanan ini membuat penonton tidak peduli dengan petunjuk-petunjuk yang diberikan sepanjang film. Jadi, saat twist-nya terbongkar, tidak ada rasa terkejut. Hanya sekedar “oh, ternyata ceritanya begini” tanpa ada niatan untuk mencari tahu lebih lanjut.

Film ini mencoba menggabungkan sensasi thriller dan horor sekaligus. Pencahayaan yang suram sepanjang film, teknik pengambilan gambar ala film horor, kemunculan sosok-sosok yang sengaja mengejutkan, dan visual yang menakutkan bermunculan di sepanjang film. Sebenarnya, ini bagus untuk mengelabui penonton agar merasa ikut terjebak dalam pikiran Jacob. Namun, lagi-lagi eksekusi yang buruk seperti film horor kelas B membuat penonton tidak peduli akan hasilnya. Kesan thriller-nya sendiri baru terasa menjelang film berakhir menjelang twist dibongkar. Menarik, tetapi karena dari awal penonton tidak terhubung dengan karakternya, hasilnya terasa biasa saja.


Ealy sebagai ujung tombak utama film ini sayangnya kurang berhasil memberikan performa yang meyakinkan. Dari awal, wajahnya yang tampak kebingungan tidak memberi kedalaman apa-apa pada karakternya hingga film berakhir. Untungnya, karakter pendukung seperti Isaac Singer (Jesse William) yang menjadi adik Singer yang hilang lebih membekas Perubahan karakternya terlihat walau sosoknya tidak sering muncul. Sisanya, hanya tokoh-tokoh pendamping yang mudah dilupakan.

Film ini sepertinya terinspirasi dari film berjudul sama yang tayang pada tahun 1990 dan diperankan Tim Robbins. Hanya jalan ceritanya yang berbeda walau latar belakang sama-sama veteran perang. Jika dieksekusi lebih baik, sebenarnya film ini berpotensi. Namun, ini mungkin sudah hasil paling maksimal dari David M. Rosenthal sebagai sutadara.

Film Jacob's Ladder bisa kalian saksikan di Klik Film.