Detective Conan: The Scarlet Bullet – Usaha Conan Mencegah Bencana Nasional

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 523 views

Detective Conan: The Scarlet Bullet – Usaha Conan Mencegah Bencana Nasional
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Bersama rekan-rekannya, Conan harus memecahkan kasus berskala internasional

Film ke-24 Detektif Conan ini harusnya sudah tayang di tahun 2020, namun seperti juga puluhan film lainnya yang tertunda perilisannya akibat pandemi, The Scarlett Bullet mundur selama setahun hingga akhirnya tayang pada April 2021. Berkisah tentang usaha Conan dan sekutunya untuk memecahkan penculikan para sponsor World Sport Games (WSG) yang diadakan di Jepang yang berkaitan dengan kasus 15 tahun lalu.


Belum menonton film-film Detektif Conan sebelumnya? Itu tidak masalah. Menyaksikan The Scarlett Bullet sama halnya seperti membaca satu buku komik Detektif Conan dengan kasus yang selesai saat itu juga. Tidak memusingkan. Namun, memang ada baiknya kita tahu sejarah Conan dan tokoh-tokoh tambahan yang ada, seperti Shuichi Akai, Masumi Sera, atau Jodie Starling yang memiliki peran cukup penting dalam kisah karya Aoyama Gosho ini. Untunglah, Organisasi Hitam tidak dimasukkan ke film ini sehingga mengurangi beban penonton (yang tidak mengikuti komiknya atau berhenti membaca karena terlalu panjang) untuk berusaha mengenal karakter yang sudah cukup banyak itu.




Bagi yang terbiasa menonton film-film Detective Conan, pasti akan suka dengan jalan ceritanya yang cepat, aksi para detektif cilik yang mengundang tawa, serta kecerdasan Conan dan Ai dalam upaya mereka mengungkap kasus penculikan orang-orang penting yang bertindak sebagai sponsor WSG. Namun, tidak seperti komiknya yang memberi hint-hint kecil agar para pembaca ikut berpikir, The Scarlett Bullet nyaris tidak menghadirkan petunjuk apa pun bagi para penontonnya untuk ikut menebak. Meski begitu, kasus dan analisis yang disajikan tetap menarik, terlepas dari apakah kita diberi kesempatan untuk “terlibat” atau tidak.


Di akhir film pun, penonton diberi post credit scene yang menandakan akan hadirnya film ke-25 dari Detective Conan dengan kemungkinan rilis di tahun 2022. Para penggemar detektif cilik ini tentu tidak boleh melewatkan sekuelnya.