A Quiet Place Part II: Kembali Bertarung Melawan Alien dengan Sunyi

by Prima Taufik 101 views

A Quiet Place Part II: Kembali Bertarung Melawan Alien dengan Sunyi
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Bagus, tapi seharusnya bisa lebih bagus

Menyambung langsung dari film pertama, A Quiet Place Part II langsung dimulai dengan ketegangan yang membuat penonton menahan napas. Film ini tidak bertele-tele dan langsung mengajak penonton kembali menghadapi serangan monster-monster dengan pendengaran super. Dengan memasukkan sedikit potongan dari film pertama, kita seolah diminta memosisikan perasaan seperti saat film pertamanya berakhir dahulu. 

John Krasinki kembali duduk di kursi sutradara. Suami Emily Blunt ini hanya muncul di awal-awal film saat cerita bergerak mundur untuk mengisahkan kedatangan para alien. Tentunya, harus ada pemain baru untuk menggantikan sosok Lee Abbot. Pilihan jatuh pada Cillian Murphy sebagai Emmett, seorang ayah yang semua keluarganya meninggal karena serangan alien.

Film kedua ini masih menonjolkan keunggulan dari film pertamanya, yaitu kesunyian. Baik dari segi suasana yang mewajibkan semua orang harus diam agar tidak diserang alien atau dari perspektif Regan, anak pertama Lee yang tunarungu. Saat suara menghilang dari pendengaran penonton, di situlah detak jantung meningkat. Suara sekecil apa pun bisa membuat ketegangan bertambah. Disarankan agar pada saat sunyi, kalian yang membawa makanan menahan diri dulu untuk tidak mengunyah agar tidak disuruh diam oleh penonton satu studio.


Kesunyian bisa menjadi keunggulan, tapi juga membawa sedikit kekurangan bagi Part II ini. Karena selalu diulang, kadang tidak ada rasa kaget lagi menjelang akhir. Selain itu, film ini minim aksi lain dan murni hanya mengandalkan kucing-kucingan dengan alien sebagai jualan utamanya. Walau tetap seru, tetapi tidak dipungkiri rasa ketakutan yang dihadirkan semakin menurun saat menjelang akhir. Belum lagi, ending-nya yang terasa tanggung sehingga menimbulkan rasa janggal saat credit title muncul. Seharusnya memang ada sedikit adegan lagi, tapi tampaknya ini disengaja untuk langsung bersambung dengan film ketiganya nanti.

Berbeda dari film pertama, kali ini plotnya terbagi dua antara mereka yang bertahan dan yang berjuang mencari tempat aman. Keduanya memiliki ketegangan dan masalah masing-masing. Namun, karena tidak fokus pada satu cerita, akhirnya dua plot ini selesai dengan biasa saja dan tidak meninggalkan kesan apa-apa. 


Ending-nya mengisyaratkan bahwa film ini akan ada lanjutannya dan semoga saja begitu. Masih banyak pertanyaan yang belum terjawab dari film ini, terutama kenapa dan untuk apa para alien ini datang ke Bumi? Sejauh ini, mereka masih terlihat seperti hewan liar yang mengamuk jika ada suara berisik. Untuk planet seperti Bumi yang penuh dengan polusi suara, tentu skala kehancuran yang terjadi harusnya lebih besar. 

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, A Quiet Place Part II tetaplah film yang bagus dan harus ditonton di bioskop untuk mendapatkan cinema experience yang tidak ada duanya. Ini satu dari beberapa film yang harus ditonton di bioskop untuk kepuasan maksimal.