Resident Evil: Welcome To Raccoon City - Berusaha Kembali ke Akar, tapi Kurang Berhasil

by Redaksi 315 views

Resident Evil: Welcome To Raccoon City - Berusaha Kembali ke Akar, tapi Kurang Berhasil
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Lagi-lagi melenceng jauh dari game aslinya

Selama Paul W.S. Anderson masih berada di belakang proyek Resident Evil, hasilnya pasti akan tetap kacau-balau. Orang ini tampaknya senang mengubah "isi dapur" Resident Evil yang sudah disenangi para fans menjadi sesuatu yang berbeda. Setelah menambahkan sosok Alice yang tidak pernah ada di dalam game aslinya, kali ini, walau hanya duduk di kursi produser eksekutif, ia tampaknya punya andil dalam membuat karakter film ini kembali melenceng jauh dari game-nya.

Johannes Robert, yang punya pengalaman dalam membuat survival horor, kali ini didapuk sebagai sutradara. Ia memfokuskan film Resident Evil: Welcome to Raccoon City ini pada karakter Claire Redfield (Kaya Scodelario). Selain Claire, karakter-karakter ikonik lainnya dari game juga turut hadir, seperti Chris Redfield, Leon S. Kennedy, Ada Wong, Albert Wesker, dan Jill Valentine. Di tangan Robert, film Resident Evil terbaru ini sukses menghadirkan atmosfer horor yang kental. Beberapa kali penonton dibuat tegang akan kehadiran para zombie yang tidak terduga. Ini jauh berbeda dari film terdahulu karya Anderson yang hanya sekedar film aksi zombie biasa.


Melihat dari trailernya sudah bisa diperkirakan jika film ini akan tampak seperti film kelas B berbiaya murah. Tapi, itu semua bisa terselamatkan asal eksekusi dan desain produksi film ini membawa nilai nostalgia bagi penggemar game-nya. Namun, hanya satu hal yang cukup menghibur, yaitu nuansa horor. Sisanya, terasa kurang memuaskan. 

Yang mungkin sangat disayangkan dari film ini adalah penampilan karakternya yang jauh melenceng dari originalnya. Semua penggemar Resident Evil tahu seperti apa rupa Jill Valentine, Leon S. Kennedy, Ada Wong, Chris Redfield, dan Claire selama memainkan gamenya. Ada ciri-ciri yang khas walau style mereka selalu berubah-ubah. Mungkin, yang paling mengecewakan adalah penggambaran karakter Leon yang seperti polisi newbie yang tidak bisa apa-apa. Sementara, bagi penggemar game dan penikmat movie animasi dari Capcom, tentu tahu karakter Leon itu seperti apa. 


Mungkin, Sony dan Screengems harus berpikir ulang untuk menempatkan Paul W.S. Anderson dalam reboot-reboot Resident Evil di masa mendatang. Dengan kehadirannya, akan banyak tambal-sulam yang bukannya memuaskan, tapi malah membuat penggemar game-nya kecewa. Tapi, melihat hasil akhir Resident Evil: Welcome to Raccoon City, mudah-mudahan Sony dan Screengems kembali mereboot ulang franchise ini tanpa melibatkan Anderson di dalamnya.