Halloween Kills: Di Luar Logika, Seharusnya Tidak Perlu Ada

by Prima Taufik 282 views

Halloween Kills: Di Luar Logika, Seharusnya Tidak Perlu Ada
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Sekuel yang seharusnya sudah distop saat masih jadi ide.

Harusnya para produser di luar sana punya kepekaan jika ada beberapa franchise film yang mungkin sudah saatnya tidak dilanjutkan lagi. Tetapi, mungkin hal itu kalah oleh bayangan uang yang akan mereka dapatkan saat film ini dirilis. Maka, jadilah satu lagi sekuel dari film Halloween (2018) yang merupakan soft reboot dari film-film sebelumnya. Mengusung judul Halloween Kills, film ini mungkin sebaiknya sudah dikubur dalam-dalam sebelum sempat terwujud.

Masih diperankan oleh Jamie Lee Curtis ditambah Judy Greer, setting-nya adalah beberapa jam setelah film Halloween (2018) berakhir. Namun, kali ini fokus bukan pada mereka, melainkan para penduduk kota. Mereka yang sudah hidup puluhan tahun di Haddonfield merasa terancam dengan eksistensi Michael dan memutuskan main hakim sendiri untuk menghabisi sang pembunuh. Sebuah plot yang baik sebetulnya dan masuk akal, mengingat bagaimana seorang yang cuma manusia biasa bisa bertahan hidup untuk membunuh selama 40 tahun lebih.


Sayangnya, premis yang menjanjikan tersebut disajikan dengan plot setipis kertas. Halloween Kills tetap saja fokus pada Michael Myers yang membunuh orang sembarangan. Ada pula karakter-karakter dengan kalimat-kalimat takabur untuk melenyapkan Michael. Sudah bisa kita tebak, pasti berujung kegagalan. Karakter-karakter sok kuat ini malah membuat film terasa membosankan karena mereka tumbang satu per satu. Bahkan, saat rencana pamungkas dijalankan pun, hasilnya sama. Hingga para penonton bisa menarik kesimpulan bahwa film ini akan terus diulur hingga suatu saat tidak laku lagi.

Walau berusaha membuat franchise Halloween menjadi lebih segar dan relate dengan masa sekarang, tapi formula yang diusung sudah membuat penonton bosan karena intinya hanya memperlihatkan bagaimana Michael Myers membantai korbannya satu persatu. Perlu diketahui, Myers ini hanyalah manusia biasa yang fisiknya lebih kuat dari orang umum. Kondisi tersebut memang membuatnya kuat, tapi jika tidak bisa mati, itu lain soal. Meski menonton ini tanpa ekspektasi apa-apa, bukan berarti logika penonton bisa diabaikan begitu saja.