Firestarter: Film yang Gagal Panas

by Redaksi 268 views

Firestarter: Film yang Gagal Panas
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Apinya tidak terlalu membakar

Stephen King boleh jadi adalah penulis yang menghasilkan banyak karya horor menarik, tapi tidak semua adaptasi filmnya sukses. Salah satunya, Firestarter. Film dengan judul yang sama pernah dibuat pada tahun 1984. Kini, di-remake dengan nuansa yang lebih modern. Sayangnya, hasil remake ini kurang punya daya tarik.

Banyak sekali alasan sahih untuk menasbihkan film ini sebagai film salah satu film membosankan tahun ini. Sebagai karya adaptasi, pondasi ceritanya cukup kuat. Masalahnya adalah bagaimana menerjemahkan cerita yang sudah bagus ke layar lebar agar penonton dapat menikmati visualisasinya. 

Film ini memiliki alur yang sangat lambat, padahal sudah dibuka dengan menarik. Tapi, makin ke belakang, tensinya malah semakin turun. Apalagi adegan puncaknya terkesan minim bujet dan asal jadi. Semua tampak dientengkan agar masalah cepat selesai. 


Akting para pemain juga terasa datar. Mereka seperti hanya menjalankan tugas untuk akting, tanpa ada chemistry yang menyentuh para penonton. Akting yang lumayan tentunya dilakukan oleh Zac Efron. Sisanya malah membuat lelah, apalagi karakter utama anak kecilnya yang tampak berlebihan. Dialog-dialog dalam film ini tidak ada yang meaningful bagi penonton. Bahkan, adegan sunyi non-dialog yang dimaksudkan untuk menyetuh emosi malah melelahkan karena tidak adanya chemistry tadi.

Membuat film dengan karakter utama anak-anak namun bertema dewasa jelas sulit karena banyak faktor yang membuat cerita "dilunakkan" agar rating tetap terjaga. Bujet minim sepertinya membuat film ini serba tanggung. Alih-alih memperkuat film dalam segi akting dan cerita, mereka malah melakukan hal-hal yang butuh spesial efek. Tentu, hasilnya malah mengecewakan.