Way Down: Usaha Pembobolan Bank Spanyol di Tengah Final Piala Dunia

by Redaksi 138 views

Way Down: Usaha Pembobolan Bank Spanyol di Tengah Final Piala Dunia
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Kesempatan terbaik adalah saat semua mata fokus ke Piala Dunia

Film-film bertema heist atau pencurian selalu menarik buat ditonton. Terlepas dari apa pun incarannya, film pencurian selalu melibatkan rencana grande, tempat penyimpanan yang disebut sulit dibobol, sampai kumpulan orang dengan kepribadian dan kemampuan berbeda. Hal yang sama juga berlaku untuk Way Down.

Kali ini, yang jadi incaran adalah peti milik Sir Francis Drake berisi tiga koin langka berharga tinggi. Walter (Liam Cunningham) adalah seorang pemburu harta dari kapal-kapal yang karam. Saat menemukan barang yang ia incar selama ini, kepolisian lepas pantai Spanyol muncul dan menyita peti tersebut. Menaruhnya di tempat teraman di dunia, Bank Spanyol. Dengan bantuan tim yang ia kumpulkan, termasuk Thom (Freddie Highmore), seorang jenius engineerng; Walter berniat membobol bank dan mengambil kembali miliknya.

Secara cerita, tidak ada yang baru. Kita sudah tahu alurnya, twist, dan bagaimana ending sebuah film heist. Coba lihat The Italian Job atau Fast Five yang punya nafas sama. Mungkin, bedanya hanyalah bahwa film ini memberi sisipan ilmu fisika yang ada hubungannya dengan pencurian. Fast Five memang seru, tapi menyeret brankas besi seberat ratusan ton di jalanan dengan hanya dua mobil jelas melanggar hukum fisika. Sementara, Way Down berusaha menggambarkan betapa amannya sebuah brankas dengan cara yang logis dan sesuai ilmu pengetahuan.


Selain itu, mungkin salah satu nuansa segar yang dihadirkan di film ini adalah selipan unsur sepakbola, yaitu Piala Dunia 2010, di mana aslinya Spanyol memang masuk final dan menang melawan Belanda. Unsur ini juga dihadirkan di dalam dialog antara para penjaga bank sehingga mengundang senyum di tengah ketegangan rencana pencurian Walter dan timnya.

Terlepas dari twist yang pasti terjadi di setiap film pencurian (salah satu anggota berkhianat), Way Down tetap menarik untuk ditonton. Kita akan dibawa tegang, sekaligus kagum dengan rencana yang disusun sedemikian rupa, sekaligus kebetulan-kebetulan yang terjadi. Bikin gemas dan gregetan saat menyaksikannya.



Artikel Terkait