House of Gucci: Penuh Intrik, Namun Terasa Datar

by Dwi Retno Kusuma Wardhany 349 views

House of Gucci: Penuh Intrik, Namun Terasa Datar
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Lika-liku dan adu intrik di balik merek paling berpengaruh di dunia.

Selain kisah pembunuhan Gianni Versace, penembakan Maurizio Gucci juga menjadi salah satu tragedi terbesar dalam dunia mode. Tentunya, dua nama ini adalah ikon mode dunia yang masih tetap dikenang sampai sekarang meski sudah tiada. 

Ridley Scott, yang mungkin lebih kita kenal dengan antologi Alien-nya, mengadaptasi buku berjudul The House of Gucci: A Sensational Story of Murder, Madness, Glamour, and Greed (2001) karya Sara Gay Forden ke layar lebar dengan menghadirkan Adam Driver, Lady Gaga, Jared Leto, Jeremy Irons, Salma Hayek, dan Al Pacino.


Berharap bahwa film ini akan penuh lika-liku intrik yang saling menjatuhkan mungkin kita akan sedikit kecewa. Intrik dalam House of Gucci memang ada, tapi tipis dan bukan jadi fokus utama. Mengharapkan film ini membahas soal pembunuhan Gucci secara mendalam, ternyata tidak sesuai dengan harapan. Film ini hanya fokus pada hubungan Maurizio dan Patrizia Reggani yang perlahan memburuk hingga puncaknya Patrizia menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh mantan suaminya tersebut.

Dengan durasi 2 jam 38 menit (158 menit), House of Gucci berjalan dengan datar dan linear, tanpa ada bagian-bagian yang membuat perasaan penonton naik-turun. Penceritaannya memang tergolong lambat dan bisa jadi membosankan bagi sebagian orang yang berharap tensi akan naik di pertengahan, namun ternyata tidak ada apa-apa. Bahkan, klimaksnya pun tidak membuat penonton terhenyak atau miris. 


Salah satu kelebihan film ini mungkin ada pada jajaran pemainnya yang tampil dengan cukup baik, terlepas apakah pembawaan mereka mirip dengan orang aslinya. Meski naskah yang dihadirkan terasa datar dan seperti hanya potongan-potongan kisah dalam hidup Maurizio dan Patrizia, namun Adam Driver, Lady Gaga, Jared Leto, Al Pacino, dan Jeremy Irons menghadirkan akting yang luar biasa. 

House of Gucci mungkin bukan salah satu biopik terbaik. Namun, bagi pencinta mode dan penikmat kisah-kisah adu intrik dalam keluarga paling berpengaruh di dunia mode ini tentu tidak boleh melewatkan film ini.