The Black Phone: Tegang Tanpa Perlu Latar Belakang

by Redaksi 274 views

The Black Phone: Tegang Tanpa Perlu Latar Belakang
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Usaha menegangkan untuk kabur dari penculik dengan bantuan para hantu.

Sempat tertunda karena pandemi, The Black Phone akhirnya rilis juga di Indonesia mulai 22 Juni 2022. Mengisahkan tentang anak muda yang diculik pembunuh sadis dan harus putar otak demi bisa kabur sebelum waktunya habis. Dia tidak sendirian karena mendapat bantuan dari para korban terdahulu sang pembunuh. 

Mengambil waktu 1970-an sebagai latar belakang film ini tentu adalah pilihan yang tepat. Jika kita suka menonton film dokumenter, tentu tahu bahwa tahun 1970-an salah satu tahun kelam di Amerika karena bermunculan pembunuh berantai yang namanya tetap jadi pembicaraan hingga sekarang. Salah satunya adalah John Wayne Gacy. Karakter The Grabber di film ini sedikit banyak memiliki kesamaan dengan Gacy. Sama-sama menculik anak laki-laki remaja, punya mobil van, sesekali berpakaian seperti badut, dan mengubur korbannya di rubanah rumahnya. 

Namun, jika hanya film tentang penculikan dan usaha sang korban untuk kabur diselingi upaya polisi menyelidiki siapa penculik tersebut tentu adalah plot yang sudah sering diangkat oleh film mau pun serial televisi, seperti CSI, FBI, atau NCIS. Adaptasi cerita pendek karya Joe Hill berjudul sama ini menyelipkan unsur horor ke dalamnya dan Scott Derrickson menghadirkan nuansa tersebut melalui kemunculan-kemunculan yang tidak terduga dan mengagetkan. 


Dua aktor muda yang jadi ujung tombak film ini tampil memuaskan, khususnya Madeleine McGraw yang memerankan Gwen. Keberanian dan mulut kotornya sukses membuat penonton gemas dan tertawa di tengah film kelam ini. Mungkin, kelemahan ada pada karakter The Grabber yang minim informasi, seperti alasannya menculik anak-anak remaja ini, apa yang dia lakukan kepada anak-anak itu setelah disekap hingga akhirnya dibunuh, dan maksud dari berbagai topeng yang dia kenakan. Penonton pun dipaksa menebak-nebak sendiri. Namun, tidak diragukan lagi, Ethan Hawke sukses menghadirkan sosok sang penculik yang misterius dan menakutkan hanya dengan duduk sambil memegang sabuk.

Jika suka dengan film-film misteri berbalut horor, The Black Phone adalah sajian yang wajib ditonton. Ceritanya singkat dan padat. Dengan durasi satu setengah jam lebih, film ini dijamin membuat kita terpaku ke layar hingga lampu bioskop menyala.


Artikel Terkait