Fast Furious 9: Menuju Kegilaan Tak Terbatas

by Prima Taufik 119 views


Fast Furious 9: Menuju Kegilaan Tak Terbatas

Fast & Furious sudah tidak lagi seperti yang kita tahu. Franchise film ini berubah dari balap jalanan menjadi pertempuran melawan teroris kelas dunia. Dominic Toretto berubah dari pembalap liar menjadi Rambo. Semua hal bisa ia kerjakan, semua penjahat bisa ia lawan. Tidak peduli siapa, jika teman dan keluarganya diganggu, Toretto rela menantang dunia. Sungguh lompatan yang sangat luar biasa untuk Fast & Furious hingga jadi seperti sekarang. Justin Lin adalah orang yang bertanggung jawab untuk semua itu. Ia mengubah film balap liar menjadi aksi heist kelas dunia dan membawa franchise Fast & Furious ke tingkat yang lebih tinggi. Sempat memberi tongkat estafet pada James Wan dan F. Gary Gray untuk Fast 7 dan 8, kini Justin Lin kembali di Fast 9 dan siap membawa franchise ini sekali lagi ke tingkat yang lebih tinggi lagi (bahkan sampai ke luar angkasa)

Keluarga selalu menjadi tema utama dalam Fast & Furious. Bagi Toretto, semua krunya adalah keluarga. Mengganggu krunya berarti menganggu dirinya dan itu artinya kalian harus siap-siap melihat Toretto mengamuk dengan aksi-aksi di luar nalar. Namun, sepertinya tema itu harus segera ditinggalkan. Pada F9, tema itu masih digunakan sehingga mulai terasa repetitif dan melelahkan. Seolah tidak ada hal baru lagi yang bisa diangkat. Dialog-dialognya mencoba berfilosofi, padahal kita hanya butuh aksi. Penulis naskahnya sendiri sepertinya sudah lelah dengan franchise ini dan bingung. Kejutan-kejutan yang dihadirkan juga sudah tidak masuk akal dalam timeline cerita. 


Aksi-aksi dalam film ini memang seperti biasa, brutal dan gila. Kali ini, aktor utamanya adalah sebuah magnet. Dengan magnet, mereka mengacaukan kota yang berasa milik sendiri. Entah dengan otoritas siapa, Dom dan kawan-kawan seenaknya meluluhlantakkan kota, seperti musuh-musuh Avengers. Tapi, sudahlah tidak perlu dipikirkan, yang penting seru. Apalagi saat aksi klimaks film ini disajikan, penonton akan semakin ternganga dengan kegilaan yang ada. Apa yang ada di kepala penulisnya? Sungguh mind blowing.


Kabarnya F9 hanyalah awal dari sebuah trilogi baru yang disiapkan pihak Universal untuk franchise Fast & Furious. Jika awalnya saja sudah gila, bukan tidak mungkin ke depannya Dom dan kawan-kawan akan melakukan time travel dan menemukan multiverse. Sungguh luar biasa petualangan yang bisa dilakukan oleh para pembalap liar ini. Bahkan, rumor yang lebih menghebohkan adalah film ini akan cross over dengan properti Universal lainnya, yaitu Jurassic World. Bisa dibayangkan bagaimana Dom akan kebut-kebutan melawan T-Rex?

Bebaskan pikiran dan ekspektasi saat menonton, niscaya kita akan mendapatkan film yang menghibur. Lelah pikiran dan penat akan hilang. Kalian akan keluar bioskop dengan perasaan gembira. Ingat lupakan logika dan over-analisis. Film ini dibuat bukan untuk itu.