Riki Rhino: Bagaikan Potongan-Potongan Cerita dalam Satu Film

by Takdir 72 views

Riki Rhino: Bagaikan Potongan-Potongan Cerita dalam Satu Film
EDITOR'S RATING    
PEOPLE'S RATING      
Add Your Rating    

Ada bebek takut tenggelam dalam film ini!

Animasi lokal dalam bentuk film feature di bioskop Indonesia bisa dihitung dengan jari. Maka, ketika Batavia Pictures memutuskan untuk merilis Riki Rhino, sebuah film animasi lokal dengan cerita orisinil bukan adaptasi dari medium lain, ini terobosan.

Sederet pengisi suaranya sudah tidak asing, seperti Hamish Daud, Ge Pamungkas, dan tidak kurang ada cameo dari Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Bisa jadi, Ridwan Kamil adalah gubernur yang paling sering muncul di layar lebar, yaitu dalam dua film Dilan dan sebagai pengisi suara dalam Riki Rhino.

Kisahnya sederhana dan mudah dicerna oleh anak-anak, soal badak bercula dua bernama Riki (disuarakan oleh Hamish Daud) yang trauma karena culanya diambil pemburu, lalu dia bertualang dari hutan-hutan di Sumatera bersama temannya, seekor bebek (disuarakan Ge Pamungkas) yang bawel.


Dari segi cerita, bagi orang dewasa, tidak terasa ada suatu kesatuan yang utuh. Seolah ceritanya terpecah-pecah menjadi petualangan-petualangan mini, tetapi bagi anak anak, ini bukan masalah yang penting karena banyak binatang langka bertingkah lucu.

Sudah bisa ditebak ada pesan perlindungan hewan langka dalam film ini dan para binatang ini pun melawan pemburu yang jahat. Ajaibnya, porsi komedi dari si bebek cukup memancing rasa tawa, apalagi ketika menyebut ojek dan salah satu adegan absurd adalah ketika bebek tersebut takut tenggelam. Bagaikan seekor burung elang takut terbang.

Sebenarnya, film ini memiliki potensi bagus jika ceritanya bisa lebih padat dan tentunya jika render animasinya lebih halus. Beberapa adegan terasa masih kasar animasinya, tetapi bagi anak-anak yang penting mereka senang melihat ada badak bisa jadi pahlawan.


Artikel Terkait